Cara Membasmi Hama Daun Cabe

CARA MEMBASMI HAMA DAUN CABE
Cara Membasmi Hama Daun Cabe Setelah kita Membaca mengetahui jenis-jenis Hama pada tanaman Cabe yang telah kita ketahui pada edisi yang lalu silahkan baca disini >> CARA MENGATASI HAMA CABE KERITING , tentunya akan lebih mudah cara mengatasinya. Baik itu untuk tindakan pencegahan juga pengendalianya. Adapaun cara pencegahanya pada hama daun keriting pada cabe ini adalah:
Pilihan bibit yang tepat tentunya Cabe yang tahan terhadap hama Daun Keriting
"Hama Cabe"
  • Menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara membersihkan rumput liar. Karena rumput liar menimbulkan berbagai serangga yang dapat menyebarkan hama. Ini dapat diatasi dengan cara menutupi tanah dengan menggunakan plastik mulsa. Cara seperti ini sangat efektif mencegah tumbuhnya rumput liar.Keuntungan yang di dapat dengan metode ini ialah kelembapan pada tanah terjaga dengan baik dan tentunya dapat meminimalisir biaya operasional.
  • Melakukan penyiraman secara rutin, karena penyiraman dapat mengurangi serangan hama Thrip, Tungau dan Kutu.
  • Jangan men tumpang sari tanaman cabe ataupun dengan tanaman yang lain yang rawan terkena serangan hama Trhips dan tungau seperti singkong. Karena Singkong dapat menularkan hama, apalagi singkong sering kali mendapatkan serangan dari hama Tungau ini.
  • Gunakan dan taburkan pestisida Furadan 3G pada area tanam sebelum melakukan penanaman bibit cabe. Fungsi Furadan 3G adalah memberikan kekebalan pada tanaman cabe yang bekerja secara sistemik, dan dihisap oleh akar bersamaan air juga unsur hara. Dosis yang di gunakan adalah 60-90 kg per Hektar atau 2 sendok makan per meter persegi.
  • Lakukan penyemprotan pestisida setelah tanaman cabe tumbuh sebelum Hama menyerang tanaman cabe. Ini sangat efektif dilakukan dari pada menyemprot tanaman cabe setelah terseng hama. Pestisida yang baik untuk tanaman cabe ini  contohnya pestisida yang berbahan Fipronil, Imidakloprid dan lain lain. Agar bertahan lama dapat juga dicampurkan dengan perekat pestisida, juga pupuk daun untuk menambah kesuburan pada tanaman cabe.
    "Hama Cabe"
     Baca juga: Cara menanam cabe di Pot
Cara pengendalian Hama penyebab daun keriting  setelah terjadi serangan;
  • Lakukanlah penyemprotan dengan insektisida yang tepat guna. Untuk hama Trhips dapat menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin, fiprolin, karbosulfan, imidakloprid. Sedangakn untuk Hama Tungau gunakan akarisida seperti samite, mesurol, dan mitac.
  • Menggunakan sytem organik juga dapat dilakukan dengan penyemprotan biopestisida larutan daun Antawali atau Brotowali kunyit juga kapur. Cara membuatnya sebagai berikut: 1 kg daun brotowali, 10 sendok makan kapur, 1kg kunyit ditumbuk halus dan disaring untuk diambil larutanya dengan campuran air sebanyak 30 ltr. Semprotkan dengan semprot kabut secara rata pada daun cabe.
  • Lakukan pemotongan daun yang terserang hama, atau mencabut tanaman jika serangan hama tersebut belum banyak. Dan lakukan pembakaran tanaman yang telah di cabut tadi, untuk mencegah menularnya serangan hama pada selanjutnya.
  • Berikan Jeda pada periode Tanam berikutnya dengan tidak menanami lahan ataupun dengan menanam tanaman yang lain.
  • Pemulihan tanaman cabe yang telah sembuh dari serangan Hama dapat dilakukan menggunakan pupuk penyemprotan zat perangsang tumbuh seperti pupuk daun GA3, Atonik.
Cara Membasmi Hama Daun Cabe .Demikian Artikel kali ini Cara Membasmu Hama Pada Cabe Keriting ini, semoga tulisan di atas bermanfaat untuk semuanya, Tulisan ini saya ambil dari berbagai sumber yang terpercaya, terimakasih telah berkunjung Baca Cara Mengatasi Hama Cabe Keriting.