Tips Cara Menanam Kencur Menggunakan Polybag


Tips Cara Menanam Kencur Menggunakan Polybag 
Tips Cara Menanam Kencur Menggunakan Polybag. Kencur adalah salah satu jenis tanaman obat dalam bahasa latiin kencur (kaempfaria galanga) yang ternasuk didalam suku (zingiberaceae). Tempur merupakan tanaman mudah tumbur pada dataran rendah ataupun daerah pegunungan yang mempunyai tanah gemburdengan kadar air yang tidak terlalu banyak. Saat musim penghujan tanaman ini akan tumbuh dengan sangat baik. Kencur atau Kaempferia galanga mempunyai banyak sekali kegunaan. Kencur memiliki kandungan zat kimia seperti pati 4,14%, mineral 13,36% minyak atsiri 0,20% seperti sineol, asam metal kanil, penta dekaan, etil ester, asam sinakamphene, paraeumarin dan masih banyak lagii.Nah untuk postingan artikel kali ini kami akan berbagi cara menanam kencur bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas dengan teknik penanaman menggunakan pot/polybag selengkapnya simak penjelasannya di bawah ini:

"Tips Cara Menanam Kencur Menggunakan Polybag"


Lihat juga:

Persiapan bibit
Sediakan dan pilihlah bibit kencur yang bagus dan berkualitas . Pilih rimpang kencur yang sudah tua berumur sekitar 10 bulan dan telah memiliki tunas dan persiapkan sesuai yang akan di tanam di dalam media polybag/pot. Setelah bibit diperoleh letakan bibit kencur tersebut pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung selama kurang lebih 3 hingga 7 hari hingga bibit kencur siap ditanam.

Polybag/Pot
Siapkan media tanam seperti pot/polybag yang berukuran  sedang atau agak besar isilah polybag tersebut dengan media tanam kedalamnya seperti campuran tanah pupuk kandang atau kompos, dapat juga diisi dengan pasir yang dicampur dengan tanah dengan perbandingan 5:1 lalu letakna polybag atau pot pada tempat yang teduh dan biarkan slama 2-3 hari hingga kondisi tanah tersebut stabil.

Penanaman
Setelah semuanya siap lakukan penanaman  dengan cara melubangi pada media tanam dan Tanami dalam satu media tanamdeengan 2 rimpang bibit kencur dengan jarak tanam 10cm posisikan tunas bibit kencur menghadap keatas.

Pemeliharaan
Lkukan penyiraman secara rurin 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari apabila tidak terkena hujan. Berikan pupuk kandang atau kompos dan lakukan pembersihan dari rumput liar disekitar tanaman dengan cara dicabut.

Hama Tanaman Kencur
Hama yang sering menyerang tanamn kencur adalah ulat pemakan daun, pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara mengambil bagian yang terseang hama tersebut lalu membakarnya agar tidak berkembang biak dan menular ke tanaman kencur laiinya.

Masa Panen
Kencur dapat dipanen biasanya pada umur 7 hingga 10 bulan dari masa tanam selain rimpangnya daun muda tanaman kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai lalapan atau dapat juga sebagai campuran  daun-daunan dalam makanan Pecel. 

Tips Cara Menanam Kencur Menggunakan Polybag. Sekian pembahasan kali ini semoga berguna dan juga bermanfaat untuk semuanya sampai jumpa kembali pada postingan berikutnya terimakasih.