Cara Membasmi Hama Yang Terdapat Pada Jagung - Manis

Cara Membasmi Hama Yang Terdapat Pada Jagung Manis
Cara Membasmi Hama Yang Terdapat Pada Jagung Manis. Hama atau Penyakit selalu banyak sekali di temukann dalam tanaman jagung manis diantaranya penggerek, belalang tikus , kutu daun juga penggerek tongkol. di bawah ini adalah sifat2 hama pada tanaman jagung manis dan cara mengatasinya : 
"Jagung"

  • Penggerek batang pada jagung manis O.furnacalis. hama jenis ini menyerang tanaman jagung manis pada fase vegetatif dan generatif, dan menyerang pada bagian batang jagung manis, karena larva  menggerek batang tanaman. 
  • Cara mengatasinya,Penggerek batang jagung ini bisa dikendalikan secara teknis dengan mengatur rotasi pada tanam seperti kedelai dan kacang tanah, dan selain itu dapat pula dilakukan dengan memotong bunga jantan juga menerapkan waktu tanam yang tepat. Pembasmian hayati dapat dilakuan dengan memanfaatkan musuh alami seperti Trichogramma spp. ataupun euborellia annulata yang memangsa larva. 
  • Ulat Tongkol, Harmigera,Hama jenis ini menyerang tongkol jagung manis. Saat awal imago meninggalkan telur pada rambut jagung, setelah larva tumbuh akan masuk kedalam tongkol.Hama ini sering berpindah-pindah, sehingga terkadang kerusakan pada tongkol jagung lebih banyak dari pada larvanya. 
  • Cara Pencegahanya,Untuk mencegah hama tersebut, adalah dengan menerapkan pengolahan tanah yang baik.Karena pengolahan tanah yang baik akan sangat mengurangi populasi pada Ulat tongkol selanjutnya. Musuh utama dari Ulat tongkol ini adalah Trichogramma spp, yang merupakan parasit telur dan eriborus argentiopilosa parasit pada larva muda. 
  • Kutu Daun R.maidis, Hama jenis ini mengeluarkan embun madu pada daun dan akan berubah menjadi jelaga bernoda warna hitam. Noda tersebut akan sangat menghambat daun jagung saat melakukan potosintetis. 
  • Cara Mengatasinya,Musuh alami hama kutu daun tersebut adalah Lyshiphelebus mirzai, Coccinella sp. dan micrapsis sp. Teknis yang bisa dilakukan untuk menghindari serangan dari hama ini ialah dengan melakukan polikultur tanaman atau menumpangsarikan jagung manis dengan tanaman lainya. 
  • Belalang Oxya Spp.Hama jenis ini berkembang pada dataran rendah yang berupa padang rumput ataupun persawahan. Musuh alami Belalang ini adalah systoechus sp,burung juga laba-laba. Selain dari itu seperti patogen metarthizium anisopliae merupakan musuh belalang. metarthizium anisopliae adalah merupakan biopestisida yang sanggup mengendalikan 70%-90% hama belalang tersebut 
  • Tikus Rattus argentiventer. Hama ini tikus ini menyerang tanaman jagung manis yang di tanam pada lahan sawah. Tikus memakan tongkol muda yang sedang matang susu, umumnya tikus ini memakan dari ujung hingga pertengahan pangkal  jagung manis. Pengendalian secara organik  dengan cara memburu dan  membasi tikus pada rumah atu sarangnya.
"jagung"

"Jagung"
Cara Membasmi Hama Yang Terdapat pada Jagung Manis. Jagung Manis, tidak lepas juga dari serangan oleh virus, bakteri maupun cendawan. Dibawah ini adalah beberapa penyakit yang sering menyerang jagung manis .
  • Bule peronosclespora maydis, ciri penyakit ini adalah permukaan daun bergaris putih hingga  kekuningan diikuti warna coklat. Lalu menyerang tongkol jagung, dan menyerang sepanjang saat misim tanam. serangan hama ini bisa menyebabkan kehilangan sampai 90%. Serangan Bule dapat dihindari dengan pemilihan benih  yang tahan P.Maydis, memusnahkan tanaman infeksi, penanaman yang sesuai pada musim, dan juga rotasi tanam. 
  • Karat Puccinia sorghi, Gejalanya yang terlihat adalah bercak2 bisul yang terdapat pada permukaan daun bagian atas dan berwarna coklat sampai orange, penyakit ini dapat berkembang biak baik pada suhu 16-23C dengan kelembapan yang tinggi. Penyakit ini bisa dikendalikan dengan pemilihan varietas benih , menjaga sanitasi kebun dan aplikasikan biopestisida bila bisul muncul di permukaan daun. 
  • Hawar Daun Helminthosporium turcicum,hama jenis ini menyerang daun gejala awal ialah bercak-bercak kecil bentuknya kecil dan oval lalu akan berkembang menjadi hawar berwarna coklat ke abu-abuan, dan menyerang daun yang tua terletak di bawah, lalu akan menjalar ke atas pada daun muda. Dan jika parah akan menyebabkan kematian pada tanaman jagung dan tampak seperti daun kering yang terbakar. Untuk mengendalikanya gunakanlah varietas yang tahan, dengan mengolah tanah yang baik, penyiangan juga pengaturan pada jarak tanam. Pada Jagung manis non organik dapat di aplikasikan fungsida. 
  • Hawar Daun Curvularia sp, Cendawan menyebabkan hawar daun, Penyakit ini gejala awal terdapat bercak yang tak beraturan pada ujung daun, yang berwarna coklat keputihan dan pinggiran berwarna coklat tua. Bercak ini akan meluas ke pangkal daun dan akan membuat seluruh daun kering, jenis penyakit ini akan cepat menyebar pada kondisi lembab dan curah hujan yang tinggi. Pengendalianya dapat dilakukan dengan memilih varietas tahan, memperbaiki drainase tanah, menambah sanitasi kebun dan menghilangkan bagian tanaman jagung yang sudah terkena. 
  • Hawar pelepah Rhizoctonia solani. Gejala penyakit ini adalah busuk pada pelepah jagung manis.Awalnya akan menyerang pada bagian tanaman jagung yang paling dekat dengan tanah, kemudian akan menjalar ke bagian-bagian yang lain. Pada varietas tertentu dapat juga menyerang hingga ke tongkol buah. Pengendalianya dengan mengatur budidaya jagung  manis pada mim kemarau, menanam vatietas dengan jarak tongkol dari tanah yang cukup tinggi, merompes daun jagung manis  yang bersentuhan langsung dengan tanah, menyiangi kebun, memotong bagian pada anaman jagung manis yang terserang dan mengaplikasikan rotasi pada tanaman.

Demikan Artikel Cara Membasmi Hama Yang terdapat pada Jagung ini saya sajikan untuk anda semua, semoga artikel ini membawa berkah dan bermanfaat untuk semuanya. Baca Juga artikel disini Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis