Inilah 4 Jenis Hama Wereng Yang Sering Menyerang Tanaman Padi Gagal Panen


Inilah 4 Jenis Hama Wereng Yang Sering Menyerang Tanaman Padi Gagal Panen
Inilah 4 Jenis Hama WerengYang Sering Menyerang Tanaman Padi Gagal Panen Hama wereng adalah tergolong keluarga ordo hemiptera, subordo fulgoromorpha dan memiliki ukuran tubuh yang kecil. Hama wereng ini sangat meugikanbanyak petani tanaman padi  karena hama wereng ini menghisap cairan nutrisi pada tanaman padi dan biasanya jika hama wereng telah menyerang tanaman padi akan sulit ditanggulangi. Perkembang biakan hama wereng ini relatif begitu  cepat , dan jenis hama werengpun sangat beragam seperti wereng hijau nephotettix spp dan lain sebagainya. Hama ini sering kita jumpai pada jenis tanaman padi yang mulai berisi hingga menyebabkan para petani gagal panen. Untuk itu ada baiknya sebagai petani kita harus mengetahui jenis-jenis hama wereng yang sering menyerang tanaman padi dan mengakibatkan tanaman padi mati. Untuk itu melalui postingan ini kami akan mencoba  berbagi informasi mengetahui jenis hama wereng  yang sering menyerang tanaman padi .

Baca artikel terkait;
 
1.Wereng punggung putih/Sogatella Furcifera

"Hama Wereng"
Hama ini sering menyebabkan para petani gagal panen. Wereng ini memiliki tubuh yang lebih kecil dari bulir padi walaupun tubuhnya yang kecil namun hama wereng ini dapat menyebabkan tanaman padi mati hama ini menyerang bagian batang padi dengan cara menghisap.

2.Wereng Loreng/Wereng zigjag

"Hama Wereng"
Wereng jenis ini adalah salah satu penyebab gagalnya panen padi. Hama ini disebut wereng jigjag karena di sayapnya terbentuk seperti gambar zjgzag. Hama ini memiliki panjang sekitar 3 hingga 5mm.

3.Wereng Hijau/Nephotettix spp

"Hama Wereng"
Wereng hijau dapat menyebarkan virus tungro yang mana virus ini menyebabkan penyakit pada tanaman padi yaitu rice tungro baciliform badnavirus (RTBV) dan rice tungro spherical badnavirus (RTSV) jika hama tungro menyebar pada  tanaman padi, dapat menyebabkan produktivitas padi menurun.

4.Wereng Coklat/Nilaparvata lungens)

"Hama Wereng"
Inilah 4 Jenis Hama WerengYang Sering Menyerang Tanaman Padi Gagal Panen Disebut wereng coklat karena hampir semua tubuh hama ini berwarna coklat. Hama ini salah satu yang suka merusak tanaman padi baik secara langsung ataupun tidak langsung. Hama inimenghisap cairan pada daun padi dan akibatnya daun tanaman padi akan menguning, kering dan mati. Hama wereng ini termasuk hama yang saat ini sangat sullit untuk dikendalikan apala hama ini sangat cepat untuk berkembang biak karena tanaman padi adalah salah satu tanaman yang paling disukai oleh hama wereng coklat ini.