Cara Mengatasi Hama Penyakit Tanaman Singkong Agar Hasil Melimpah

Cara Mengatasi Hama Penyakit Tanaman Singkong Agar Hasil Melimpah
Cara Mengatasi Hama Penyakit  Tanaman Singkong Agar Hasil Melimpah.Singkong atau boden (boden) dalam bahasa jawa adalah tanaman yang masuk dalam keluarga Euphorbiacae. Tanaman yang mempunyai segudang manfaat ini memiliki nama yang berbeda di masing-masing daerah di Indonesia. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam olahan aneka makanan,  daunnya pun dapat dikonsumsi sebagai sayuran dan direbus sebagai lalapan  untuk makan tambahan sehari-hari. Tanaman singkong ini cocok dibudidayakan di berbagai kondisi tanah, dan singkong biasanya di tanam pada awal musim kemarau agar dapat dipanen saat musim hujan. Untuk budidaya tanaman singkong ini sebenarnya tidaklah sulit tetapi tetap terdapat berbagai kendala seperti hama penyakit yang menyerang tanaman singkong ini.Berikut di bawah ini hama penyakit singkong serta cara mengendalikanya agar panen berlimpah.

"singkong"


1.Jamur akar putih
Penyakit jamur ini sering sekali menyerang singkong, jika tanaman singkong terserang oleh hama jamur akar putih ini pertumbuhan tanaman sigkong akan terganggu dan dapat membuat gagal panen. Jamur ini berkembang biak dari umbi singkong yang tertinggal pada saat singkong di panen, sehingga menyebabkan umbi membusuk dan jamur akar putih berkembang biak di tempat itu.  Jika tanaman singkong terkena hama penyakit jamur akar putih akan ditandai dengan daun singkong yang menguning lalu berguguran di sekitar pangkal batang singkong akan terlihat seperti benang putih dan pertumbuhan vegetatif akan terhenti. Untuk mengatasinya dapat dilakukan pemupukan organik seperti pupuk kandang  atau yang berupa trichokompos.

Baca artikel pertanian lainya:

2.Penyakit hawar bakteri

Jenis penyakit ini sering menyerang tanaman singkong di beberapa negara juga. Jika penyakit hawar bakteri menyerang tanaman singkong akan ditandai bercak pada daun yang berbentuk tidak teratur lalu sekelilingnya berwarna hijau tua, dan akan membuat seluruh daun menjadi layu dan berguguran. Bakteri ini dapat cepat menyebar jika tidak dilakukan pengobatan dan  penangan secara cepat dan tepat . untuk mengatasi penyakit hawar bakteri ini  dapat dilakukan dengan pemilihan bonggol tanaman singkong yang sehat sebelum tanam d stek yng digunakan diambil dari tanaman singkong yang kondisinya sehat tidak terinfeksi , memperhatikan rotasi tanam dan memberikan pupuk organik.

3.Bercak Daun

Jika tanaman singkong terserang dengan hama penyakit bercak daun akan  ditandai dengan bercak besar pada daun tanaman singkong yang  berwarna cokelat. Beberapa faktor seperti curah hujan kelembapan dan juga suhu dapat menyebabkan bercak daun menyerang tanaman singkong. Penyakit ini akan timbul pada saat musim hujan  tetapi baru akan muncul pada saat musim kemarau. Sedangkan untuk penyebaranya hama ini semakin cepat jika suhu dan kelembapan rendah. Untuk mengatasi dan mengendalikan hama ini dapat dilakukan dengan cara menanam varietas yang tahan terhadap penyakit ini, mengatur jarak tanam yang tidak terlalu rapat untuk mengurangi kelembapan dan dengan menyemprotkan fungsida.

Bercak Coklat

Jika hama penyakit ini menyerang tanaman singkong akan ditandai dengan adanya bercak yang terlihat dengan jelas pada kedua sisi daun singkong pada bagian sisi daun terdapat bercak berwarna kecoklatan merata dengan tepi yang berwarna gelap.  Penyakit bercak coklat diakibatkan oleh jamur cercosporidum henningsi, dan hama penyakit ini mudah menyerang tanaman singkong yang memiliki ketahanan yang kurang baik. Untuk pengendaliannya dapat dilakukan menanam varietas tanaman singkong yang mempunyai ketahanan terhadap berbagai penyakit.

Demikian artikel kali ini Cara mengatasi hama penyakit yang menyerang singkong agar hasil melimpah. Semoga apa yang kami berikan ini bermanfaat bagi pengunjung setia blog ini. Selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan seputar info pertanian lainnya. Terima kasih