Hidroponik Cabe


Hidroponik Cabe
Hidroponik Cabe. Hidroponik adalah tanaman yang di tanam dengan cara memanfaatkan air tanpa menggunakan banyak tanah akan tetapi menekankan pada pemenuhan vitamin pada tanaman agar dapat tumbuh. Hal yang perlu diperhatikan dalam system tanam hidroponik adalah kebutuhan pemenuhan nutrisi pada tanaman dan cara seperti sangat sesuai bagi kita yang memiliki lahan atau tempat yang sempit seperti di daerah perkotaan. Menanam cabe dengan pola hidroponik saat ini semakin banyak di minati karena perawatannya yang mudah. Dan jika anda ingin mencoba menanam cabe dengan system hidroponik silahkan simak selengkapnya di bawah ini:

"Hidroponik Cabe"


Lihat juga:
Hidroponik Cabe

Persiapkan langkah awal :

1.Persiapan Benih/Biji Cabe

2.Penyemaian Biji/Benih  Cabe

3.Perawatan Bibit Cabe

4.Memindahkan bibit ke media tanam

5.Perawatan

6.Tahap Panen Cabe Hidroponik

"Hidroponik Cabe1"

Persiapan Benih /Biji Cabe
Pilih benih/biji  cabe yang menurut anda mudah mendapatkannya atau dapat juga membelinya di kios-kios pertanian di sekitar tempat anda seperti bibit cabe rawit. Caranya masukan biji/benih cabe kedalam air dan ambil biji cabe yang tenggelam untuk dijadikan benih sedangkanbiji cabe yang mengapung di buang saja karena biji cabe yang terapung tidak bagus untuk di tanam.

Penyemaian Biji/Benih  Cabe
Rendam benih cabe dengan air hangat sekitar 3 hingga 4 jam dapat juga menambahkan vitamin atau pengatur tumbuh seperti ZPT untuk mempercepat pertumbuhan. Setelah perendaman bungkus benih cabe dengan kain basah sekitar 24 jam hal ini dilakukan agar mempercepat benih tumbuh cepat berkecambah. Setelah 24 jam pindahkan ke media penyemaian, media semai berupa campuran tanah kompos dengan perbandingan 1:1:1 masukan tanah, pupuk, arang sekam ke dalam baskom yang kecil dengan melubangi bagian bawah baskom yang berguna untuk peresapan air, setelah itu tebar biji/benih cabe kedalam media tanam  baskom kecil tersebut.

Perawatan Bibit Cabe
Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari hingga benih/bibit cabe terlihat seperti kecambah dalam waktu sekitar 3 hingga 5 hari lakukan penyiraman secara rutin

Memindahkan bibit ke media tanam
Setelah bibit cabe berumur kurang lebih 21 hari dan memiliki daun 4 hingga 5 helai  maka bibit cabe sudah siap untuk dipindahkan ke dalam media tanam

Perawatan
Lkukan penyiraman, pemangkasan tunas dan pemberian nutrisi. Pemasangan ajir dengan cara menancapkannya di tanah agar bibit cabe tidak roboh jika terkena angin kencang.  Berikan nutrisi hidroponik seperti AB mix yang dapat anda peroleh di toko pertanian. Pemberian nutrisi dapat dilakukan pada waktu pagi dan sore hari dan pada setiap minggu sekali berikan tanaman dengan air yang tidak dicampuri nutrisi selama 1 hari

Tahap Panen Cabe Hidroponik
Cabe yang telah berwarna merah kekuningan pertanda bahwa cabe sudah siap untuk dipetik / di panen. Biasanya cabe dapat dipanen setelah berumur 8  hingga 9 minggu setelah waktu tanam.

Hidroponik Cabe. Sekian ulasan kali ini Hidroponik Cabe semoga apa yang kami berikan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk semuanya kunjungi situs ini untuk mendapatkan informasi menarik sepurtar info pertanian terimakasih.