Cara Menanam Tomat Di Pot Agar berbuah

Cara Menanam Tomat Di Pot Agar berbuah
Cara Menanam Tomat Di Pot Agar berbuah. Tomat merupakan salah satu tanaman buah yang memiliki siklus hidup yang cukup singkat.Tanaman tomat hanya berusia 4 hingga 5 bulan dan umumnya sudah berbuah dari mulai tanam namun tergantung dengan lokasi dan perlakuan  dan setelah itu tidak akan produktif lagi. Batang tomat dapat tumbuh hingga tinggi mencapai 1 hingga 3 meter dengan buahnya yang memiliki warna hijau, kuning, merah. Tomat juga biasa dipakai sebagai tambahan bumbu sayur dalam masakan atau dikonsumsi secara langsung (mentah) sebagai  tambahan lalapan nasi goreng. Dan kali ini dalm postingan artikel kami akan memberikan teknik cara menanam tomat didalam Pot agar berbuah dan hasinya melimpah, selengkapnya silahkan simak dibawah ini:  

"tomat"
Baca juga:
Cara menanam cabai di pot
Cara membasmi hama jugung manis

1.Bibit tomat

Pilihlah bibit yang baik agar tomat dapat tumbuh dengan subur serta menghasilkanasilkan panen tomat yang melimpah. Pilihlah bibit biji tomat yang secara fisik bebas dari segala macam penyakit hama. Untuk kriteria memilih bibit tomat yang baik seperti berikut ini:

a.Pilihlah bibit yang matang berwarna merah dengan kulit tipis dan berukuran besar

b.Tidak terluka atau terdapat bekas serangan hama penyakit

c.Mempunyai kepadatan biji yang merata jika di belah

d.Biji tomat terlihat bailk dan jika direndam kedalam air tidak mengapung

Namun jika anda tidak mau report dan kesulitan untuk menentukan dan memilih bibit tomat andapun dapat membelinya di took  kios pertanian di tempat tinggal  anda karena saat ini bibit benih  tomat yang unggul sudah mudah diperoleh  dan tersedia di kios kios pertanian.

 2.Caramenyemai

Setelah anda mendapatkan bibit tomat maka selanjutnya adalah melakukan penyemaian dngan cara merendam bibit tomat yang dicampur dengan fungsida tujuanya adalah agar penyakit  maupun hama di dalam benih dapat mati dan tidak mengganggu pertumbuhan tanaman tomat. Dansetelah bibit tomat direndam dengan cairan tersebut masukan bibit kedalam media semai dapat berupa campuran tanah dan juga kompos dengan perbandingan komposisi 1:1

Masukan benih tomat dengan cara melubangi media semai dengan jari lalu masukan benih tomat, kemudian tutup kembali dengan tanah tersebut lalu letakan ditempat yang teduh terhindar dari sengatan terik  matahari secara langsung. Lalu lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Benih tomat akan mulai tmbuh seperti kecambah pada usia 7 hari hingga 9 hari. Dan biarkan hingga berumur tua dan siap dipindahkan kedalam media tanam  pot antara umur 15 hingga 20 hari sejak awal penyemaian.

3.Memilih Pot  sebagai media untuk tanam

Memilih media tanam  pot adalah hal yang penting dilakukan unyuk menanam tomat.Pilihlah Pot  sebagai media tanam yang terbuat dari bahan tanah karena pori-pori darri pot tanah liat lebih mudah dapat menyerp sirkulasi udara yang dibutuhkan oleh akar tomat. Selain Pot andapun dapat menggunakan media tanam seperti kaleng bekas ataupun polybag yang berukuran sedang dengan media tanam yang digunakan adalah campuran dari tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan komposisi 1: 1 : 1 dengan melubangi bagian bawah pot/polybag agar air siraman nantinya tidak menggenangi akar yang justru menyebabkan pembusukan pada akar tomat.

4.Memindahkan benih tomat

Setelah benih telah siap dipindahkan kedalam media tanam sekitar usia 20 hari kedalam Pot  cara memindahkannya harus dilakukan dengan  sangat  hati-hati agar akar tanaman tidak rusak. Epaskan polybag secara perlahan lalu tanamlah benih kedalam pot bersama dengan tanah yang masih tertempel pada akar tanaman tomat.
"tomat1"

"tomat2"

Letakan pot yang telah tertanam bibit tomat tersebut di tempat yang tidak terkena terik sinar matahari langsung atau ditampat yang teduh dan lakukan peniraman secara rutin pada pagi dan sore hariagar tanaman mndapatkan air yang cukup dan berilah bambu disamping tanaman tomat  untuk merambat. Berilah tambahan pupuk kandang setiap 2 bulan sekali  untuk menambah tingkat kesuburan tanaman tomat di dalam Pot. Dan biasanya saat usia tanaman  tomat sudah berumur 65  hingga 90  hari sejak masa tanam tomat biasanya sudah mulai berbuah dan dapat dipanen.