Tips Cara Menanam Jahe Di Polibag Agar Berhasil


Tips Cara Menanam Jahe Di Polibag Agar Berhasil
Tips Cara Menanam Jahe Di Polybag Agar Berhasil. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memanfaat kan lahan pekarangan yang sempit, terutama bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan. Nah di bawah ini adalah cara memanfaatkan lahan yang sempit dengan budidaya tanaman  jahe menggunakan polybag  untuk menambah penghasilah ekonomi keluarga anda. Cara di bawah ini dapat anda lakukan sebagai usaha sampingan dengan modal yang tidak terlalu besar.  Terdapat banyak  khasiat tanaman  Jahe dengan nama latin (Zingiber officinale)  seperti untuk mengobati asam lambung, kembung, dan sebagainya. Jahe merupakan jenis tanaman rimpang, tanaman  jahe berbentuk seperti jemari dengan ruas-ruas yang mengembung.

"Jahe"

Baca juga:

"jahe1"

Jahe memiliki rasa pedas yang berasal dari senyawa keton Zingeron. Ciri lain dari tanaman jahe ini adalah berbatang semu dengan tinggi 25cm hingga 100cm dengan daun menyirip 1 hingga 15 mm memiliki bulu halus. Dan tanaman inin dapat tumbuh pada ketinggian hingga 1500 meter dpl dengan curah hujan 0mm pertahun dengan kelembapan 80%.  Nah untuk itu ternyata tanaman jahe dapat tumbuh dan mudah ditanam dengan menggunakan polybag disamping pemeliharaannya lebih mudah tentu  menghemat lahan dan juga air jika dibandinmgkan dengan menana,m jahe dengan cara tradisional.  Selengkapnya silahkan lihat cara menaanam jahe di polybag di bawah ini:

Persiapan media tanam
Siapkan media tanam  polybag dengan diisi tanah kompos,  pasir dan pupuk organik atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1

Bibit jahe
Pilih bibit jahe unggul dengan kriteria berwarna cerah, tidak luka, berusia tua, dan tidak terkena penyakit. Selanjutkan rendam bibit jahe dengan larutan fungsida untuk membunuh bakteri jahat yang dapat menyebabkan pembusukan saat jahe ditanam.

Penyemaian
Lakukan penyemaian bibit jahe sebelum di tanam ke mediatanam polybag caranya letakan bibit jahe diatas jerami kemudian tutup dengan jerami selama 2 minggu taruh ditempat yang teduh,  jauhkan dari terik matahari secara langsung dan lakukan penyiraman.

Cara Menanam Jahe
Setelah tanaman jahe keluar tunasnya segera pindahkan bibit jahe kedalam media tanam polybag. Tanam 3 hingga 5 rimpang bibit jahe dalam satu polybag tanamlah dalam keadaan berdiri dengn tunas diatas lalu tutupi tunas bibit jahe dengan tanah/kompos. Letakan ditempat yang teduh. Lakukan penyiraman saat pagi dan sore hari hingga tanaman jahe berusia 0-3 bulan berikan pupuk organic / pupuk kandang selama 3 kali sebelum masa pane.

Panen
Tanaman jahe dapat dipanen saat berusia 12 bulan dimana jahe yang berusia tua memiliki berat 2 hingga 5kg per polybag. Cara memanen jahe sangat mudah dengan hanya menyobek polybag lalu memisahkanya dengan tanah setelah itu bersihkan dengan air dan diangin-anginkan, lalu jemur setelah itu jahe  siap untuk dikonsumsi.

Sekian artikel kali ini yang dapat kami berikan semoga apa yang kami berikan ini berguna dan bermanfaat untuk para pembaca setia blog ini. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.