Ampas Tahu Pakan Alternatif Untuk Ikan Lele Dan Cara Membuatnya


Ampas Tahu Pakan Alternatif Untuk Ikan Lele Dan Cara Membuatnya
Ampas Tahu Pakan Alternatif UntukIkan Lele Dan Cara Membuatnya. Seperti judul postingan diatas kami akan berbagi informasi pakan alternatif untuk Ikan Lele bagi anda yang saat ini sedang menekuni budidaya lele. Dalam budidaya lele ini, kami berusaha membuat ramuan organik yang berbahan dasar Ampas Tahu dengan tujuan agar lele dapat berkembang seperti di habitat aslinya yaitu memakan makanan yang berasal dari bahan organik sehingga ikan lele akan tumbuh sehat dan menghasilkan panenan yang lebih besar daripada ikan lele yang di beri pakan dari bahan nonorganik. Selain itu juga untuk menekan atau mengurangi biaya pengeluaran serta mengurangi menumpuknya limbah dari Ampas Tahu tersebut. Berikut kami akan ulas teknik pembuatan pakan lele menggunakan Ampas Tahu, namun ada baiknya anda persiapkan bahan-bahan seperti berikut:

"Ampas Tahu Pakan Alternatif Untuk Ikan Lele"


1.Cara Pembuatan Pakan Lele
Persiapan bahan :  Ampas Tahu, Prebiotik, Tetes, Temulawak, Ragi tape, Obat herbal/hormon

Cara pembuatannya : Siapkan tong plastik kemudian masukkan ampas tahu (1kg ), ragi tape (2 butir), dicampur jadi satu, lalu tong ditutup dengan plastik dengan rapat. diamkan selama 3 hari dan setiap 12 jam sekali dibuka dan diaduk. Setelah 3 hari, campur fregmentasi tadi (Ampas Tahu) dan ragi tape dengan prebiotik (2 tutup), temu lawak ( 5 sendok, cair), tetes (2 sendok), hormon (2 tutup/sendok). Diberikan lele kapasitas kolam 2000 bibit untuk 1 hari diberikan 4x (pagi, siang, sore, dan malam)

Catatan: Takaran diatas hanya diberikan lele umur 2 minggu, untuk umur 2 minggu berikutnya tambahkan 1kg lagi Ampas Tahu dan takaran bahan lainnya sesuai ketentuan di atas.

"Ampas Tahu Pakan Alternatif Untuk Ikan Lele"
2.Cara Pembuatan Pakan Lele
Bahan-Bahan Yang Diperlukan; Siapkan 5 kg ampas tahu, Siapkan 6 kg dedak atau bekatul, Siapkan 4 kg tepung jagung, Siapkan 1.5 kg tepung ikan, Siapkan 0.5 liter EM4, Siapkan 20 butir minyak ikan, Siapkan 2 bungkus suplemen vitamin dan Siapkan air bersih secukupnya

Cara membuanya; Campur semua bahan dan aduk hingga rata, Bentuk hingga menjadi seprti adonan kue, Biarkan 5 sampai 7 hari. Setelah 5 – 7 hari, buka adonan,  Cetak atau potong-potong, Adonan dijemur hingga kering. Pakan alternatif siap digunakan.

3.Cara Pembuatan Pakan Lele
Bahan-Bahan Yang Diperlukan ; Siapkan 25 kg ampas tahu, Siapkan 25 kg dedak halus,  Siapkan 5 kg tepung ikan, Siapkan 5 liter tetes tebu atau molases, Siapkan 1.000 ml probiotik EM4 perikanan,  Siapkan 10 sendok makan ragi tempe.

Cara membuatnya; Campur semua bahan dan aduk sampai merata.  Masukkan adonan kewadah dan beri lubang udara dengan selang untuk membuang gas proses fermentasi. Tutup ujungnya sebagian agar udara tetap bisa masuk. Diamkan selama 4 hingga 5 hari untuk proses fermentasi. Pakan alternatif siap digunakan.

Kunjungi juga;
 
"Ampas Tahu Pakan Alternatif Untuk Ikan Lele"
4.Cara Pembuatan Pakan Lele
Bahan-Bahan Yang Diperlukan ; Siapkan 25 kg ampas tahu, Siapkan 30 kg tepung ikan, Siapkan 30 kg tepung kedelai, Siapkan 40 kg tepung jagung, Siapkan ikan asin secukupnya, Siapkan daun pepaya segar, Siapkan 5 buah ragi tempe.

Cara membuatnya; Campur semua bahan dan aduk hingga rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Terus aduk hingga adonan kalis. Tutup rapat wadah. Diamkan minimal 12 jam.  Haluskan ikan asin dan daun pepaya. Campur adonan tersebut dengan ikan asin dan daun pepaya yang sudah dihaluskan. Lalu cetak menggunakan mesin pelet. Jemur adonan hingga kering. Pakan alternatif siap diberikan ke lele.

5.Cara Pembuatan Pakan Lele
Bahan-Bahan Yang Diperlukan; Siapkan 25 kg ampas tahu, Siapkan 10 kg ikan rucah, Siapkan 1.000 ml Probiotik, Siapkan 30 kg tepung ikan, Siapkan 40 kg tepung jagung

Cara membuatnya; Campur semua bahan dan aduk hingga rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Terus aduk hingga adonan kalis. Cetak dengan alat pembuat pelet.  Jemur hingga kering atau dengan oven. Pakan alternatif siap digunakan

Ampas Tahu Pakan Alternatif UntukIkan Lele Dan Cara Membuatnya. Sekian informasi yang dapat kami berikan pada pertemuan kita kali ini semoga dapat menambah wawasan kita dalam berbudidaya ikan Lele. Anda juga dapat mengunjungi Link yang telah kami berikan diatas untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar budidaya perikanan dan pertanian sampai bertemu lagi.