Mengetahui Dan Mengatasi Hama Penyakit Tanaman Coklat /Kakao

Mengetahui Dan Mengatasi Hama Penyakit Tanaman Coklat /Kakao

Mengetahui Dan Mengatasi Hama Penyakit Tanaman Coklat /Kakao. Tanaman Kakao atau Coklat  yang biasa biasa disebut oleh para petani adalah tanaman yang banyak ditanam di perkebunan/ladang.  Bahkan tanaman coklat atau kakao juga di tanam di sekitar lahan pekarangan rumah khususnya di daerah pedesaan sebagai tambahan ekonomi keluarga.  Namun tidak dipungkiri banyak sekali Hama penyakit yang menyerang tanaman ini dan berakibat menurunya hasil panen para petani. Dalam episode kali ini kami akan menjelaskan penykit yang sering menyerang cokklat atau kakao serta cara mengatasi dan mengendalikannya agar panen melimpah. Untuk lebih jelsnya silahkan simak selengkapnya di bawah ini:
"coklat"

Hama penyakit tanaman coklat ataukakao.

1.Ulat kilan atau hyposidea infixaria adalah hama yang masuk dalam kerabat geometridae penyakit ini menyerang tanaman saat umur 2 hingga 4 bulan dan hama ini akan memakan daun muda tanaman coklat dan hanya menyisakan bagian tulang daun. Untuk pengendaliannya lakukan penyemprotan dengan menggunakan  insektisida.

2.Ulat matahari atau parasa lepida dan ploneta diducta adalah hama yang menyerang pada bagian kuncup daun muda dan juga bunga coklat yang masih muda. Dan jenis ulat matahari yang sering menyerang tanaman kakao ini adalah parasa lepida dan ploneta dicduta.

3.Ulat jaran atau dasychira inclusa adalah merupakan  kerabat dari famili limanthridae penyakit tanaman coklat ini memiliki bulu gatal pada bagian dorsal mirip dengan rambut pada leher kuda. Untk mengendalikanya dapat dilakukan dengan cara melepaskan predator alami ulat ini seperti apanteles mendosa dan carselia spp atau melakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida kimia.

4.Kutu putih atau pseudococcus lilacinus, hama penyakit ini menyerang buah coklat atau kakao yang masih kecil,  jika buah kakao atau coklat terserang oleh hama penyakit ini akan memiliki pertumbuhan buah yang terhambat lalu kemudian buah coklat akan mengering dan mati. Untuk mengendalikan hama penyakit ini dapat dilakukan dengan cara menebang atau memangkas bagian yang terserang oleh hama kutu putih dan membakarnya. Dan dapat juga melepaskan pradator alami seperti symus sp, semut hitam atau parasit coccophagus preudococci atau dapat juga melakukan penyemprotan insektisida.

5.Lalat buah atau kakao mot (acrocercops cranrella) masih anggota famili lithocolletidae hama ini menyerang bagian buah yang masih muda jika buah coklat terserang tanaman ini akan memiliki kulit buah berwarna kuning pucat dan biji bua tidak akan mengembang dan juga lengket. Lakukan sanitasi kebun untuk pengendalian hama ini , menyelumbung buah dengan plastik atau lainya dengan bagian bawah terbuka. Atau dapat juga melepaskan predator alami hama ini seperti semut hitam dan jamur ntagonis beauveria bassiana dengan cara disemprotkan.

6.Pengerek buah kakao atau conopomorpha cramerella, penyakait tanaman ini menyerang buah yang memiliki panjang sekitar 10cm buah yang terserang hama ini akan memiliki belang kuning hijau atau kuning jingga terdapat lubang bekas keluarnya larva biji kecil saling melekat dan berwarna hitam. Untuk pengendalian hama ini dapat melakukan pemangkasan, mengatur waktu panen, melakukan penyelumbngan buah dan dapat juga menyemprotkan insektisida.

7.Kepik penghisap buah atau helopeltis spp, jika tanaman coklat terserang oleh hama ini akan memiliki bercak cekung dengan warna coklat kehitaman dengan ukurun sekitar 3 hingga 4 mm dan biasanya bercak itu terletak  pada ujung buah, dan buah akan kering lalu mati, apabila hama ini menyerang ranting ataupun pucuk daun maka daun dan juga ranting akan layu kemudian kering. Lakukan penyemprotan insektisida atau melepaskan predator alami yaitu semut hitam untuk mengendalikan hama tanaman coklat ini.

Baca juga informasi pertanian lainya:
Cara mengatasi hama penyakit terong
Cara mengatasi hama penyakit tanaman singkong
 
"coklat"

Penyakit Tanaman Coklat atau Kakao

1.Busuk buah atau phytopthora palmivora, buah coklat yang terserang penyakit ini akan terdapat bercak berwarna coklat kehitaman. Untuk pengendaliannya dapat dilakukan sanitasi kebun, melakukan kultur tek nis atau menyemprotkan ungsida setiap dua minggu sekali.

2.Jamur upas atau upasia salmonicolor, penyakit ini menyerang bagian batang dan cabang tanaman kakao. Untuk mengendalikan hama tanaman ini dapat dilakukan dengan cara mengoleskan pestisida pada batang cabang yang terserang , melakukan penyemprotan pestisida, melakukan pemangkasan, atau memangkas bagian batang dan cabang yang terserang lalu membakarnya.

3.Kanker batang tanaman coklat, penyakit ini disebabkan oleh infeksi cendawan phythotora dan menyerang bagian batang cabang tanaman coklat. Jika hama ini menyerang tanaman coklat akan memiliki bercak hitam pada batang atau cabang lalu kemudian membusuk. Untuk mengendalikan hama penyakit ini dapat dilakukan dengan cara menjaga kelembapan kebun..

4.VSD (Vaskular Streak Dieback) penyakit ini disebabkan oleh infeksi cendawan oncobasidium theobromae. Penyakit ini menyerang pada fase pembibitan hingga produksi.Biasanya penyakit tanaman coklat ini menyerang pada bagian pucuk daun ranting tanaman coklat dan daun akan menguning memiliki bercak hijau muda lalu akan rontok. Untuk mengendalikan penyakit ini dapat dilakukan penyemprotan  dengan menggunakan insektisida.

Mengetahui Dan Mengatasi Hama Penyakit Tanaman Coklat /Kakao. Demikian informasi mengetahui dan mengatasi hama penyakit tanaman coklat/kakao semoga bermanfaat Sekian.