Cara Menanam Kangkung Agar Hasil Melimpah


Cara Menanam Kangkung Agar Hasil Melimpah
Cara Menanam Kangkung Agar Hasil Melimpah. Kangkung merupakan tanaman sayuran yang mudah tumbuh dan dibudidayakan. Terdapat dua macam kngkung menurut hbitatnya yaitu kngkung darat dan kangkung air. Untuk kangkung drat atau ipomea reptans ditanam pada lahn tnah sehingga sering disebut kangkung darat. Bantuk daunya runcing dengan warna hijau terang bunganya berwarna putih dan cara memanenya cukup mudah dengan mencabut hingga ke akar-akarnya. Dibwah ini adalah contoh gambar  kangkung darat dan kangkung air.

"kangkung"
Baca juga:

Kangkung darat lebih popular dikenal oleh msyarakt di bandingkan kangkung air karena mudah dipasarkan dibandingkan kangkung air. Tanaman sayuran kangkung memiliki jangka panen yang relative singkat serta kangkung darat mudah untuk di tanam dan tumbuh. Nah bagi anda yang belum tahu cara menanam kangkung darat silahkan simak selengkapnya di bawah ini:

1.Persiapan bibit

Saat ini untuk mendapatkan benih  kangkung yang unggul sudah tersedia di took-toko pertanian di sekitar lokasi anda beberapa contoh benih kangkung darat  yang unggul adalah varietas sutera, Bangkok, kangkung bisi atau kangkung panah merah.

"kangkung darat"

2.Pengolahan lahan

Lakukan pembajakan tanah dengan kedalaman sekitar 30cm, buatlah bedengan dengan lebar 1mtr dengan panjang sesuai dengan lahan. Berikan jarak bedengan sekitar 45cm sebagai drainase lahan. Berikan pupuk awal seperti pupuk kandang atau kompos. Dan diamkan lahan sekitar 3 hingga 4 hari agar pupuk teruai dan tercampur dangan sempurna dengan tanah.

"kangkung darat"


3.Cara menanam kangkung darat

Tanaman kangkung darat tidak membutuhkan persemaian benih seperti sayuran lain karena kangkung darat adalah jenis sayuran yang mudah tumbuh dan siklus panennya yang singkat. Cara menanam kangkung fdarat dapat dilakukan langsung dengan cara menebar benih  atau dengan cara di tugal. Untuk cara di tebar dalam satu hektar lahan membutuhkan 5 hingga 10 kg benih kangkung.  Dan jika menanm benih dengan cara di tugal menggunakan bambu yang di runcing atau kayu umumnya jarak tanam sekitar 5x10 dan pada setiap lubang diisi dengan benih kangkung 3 hingga 4 benih namun cara seperti ini tentu akan membutuhkan banyak tenaga tetapi irit benih dibandingkan dengan ditebar.

4.Perawatan

Untuk pemupukan tanaman kangkung yang baik adalah dengan menggunakan pupuk kandang, pemupukan dapat dilakukan jika daun kangkung darat berwarna hijau pucat.

5.Penyiraman

Tanaman kangkung darat membutuhkan banyak air lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari jika musim panas. Dan pada musim penghujan perhatikan drainase lahan agar air hujan tidak menggenangi tanaman kangkung darat karena akan menyebabkan penyakit busuk akar.

5.Masa Panen

Untuk masa  panen kangkung darat dapat dilakukan saat usia tanaman 30 hingga 40 hari sejak mas tanam. Cara memanennya cukup mudah dengan cara mencabut hingga akarnya. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir agar sisa tanah yang terdapat pada akar tanaman iikut bersih dan terbuang. Dan taruh kangkung yang telah dibersihkan pada tempat yang lembab agar tetap segar.

Demikian artikel kali ini yang dapat kami sampaikan semoga berguna untuk semuanya. Sellu kunjungi situs ini untuk mendapatkan update artikel berikutnya smpai jumpa.